Kecerdasan Buatan Pada Teknologi Game
Pengertian Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan (bahasa Inggris: Artificial
Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan
yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu
mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan
manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain
sistem pakar, games, logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika.
Sejarah Artificial Intelligence dalam Game
Pada tahun 1769, dataran Eropa dikejutkan dengan suatu permainan
catur yang dapat menjawab langkah-langkah permainan catur yang belum ditentukan
terlebih dahulu. Mesin ini disebut dengan Maelzel Chess Automationdan
dibuat oleh Wolfgang Von Kempelan (1734-1804) dari Hungaria. Akan
tetapi mesin ini akhirnya terbakar pada tahun 1854 di Philadelphia Amerika
Serikat.banyak orang tidak percaya akan kemampuan mesin tersebut. Dan seorang
penulis dari Amerika Serikat, Edgar Allan Poe (1809-1849) menulis
sanggahan terhadap mesin tersebut, dia dan kawan-kawannya ternyata benar, bahwa
mesin tersebut adalah tipuan, dan kenyataannya bukanlah aoutomation, tetapi
merupakan konstruksi yang sangat baik yang dikontrol oleh seorang pemain catur
handal yang bersembunyi di dalamnya.
Usaha untuk membuat konstruksi mesin permainan terus dilanjutkan
pada tahun 1914, dan mesin yang pertama kali didemonstrasikan adalah mesin
permainan catur. Penemu mesin ini adalah Leonardo Torres Y Quevedo,
direktur dari Laboratorio de Automatica di Madrid, Spanyol. Beberapa
tahun kemudian, ide permainan catur dikembangkan dan diterapkan di komputer
oleh Arthur L. Samuel dari IBM dan dikembangkan lebih lanjut
oleh Claude Shannon.
Artificial Intelligence pada game
Perkembangan game saat ini tidak lepas dari kecerdasan
buatan (artificiall intelligence). Kecerdasan buatan merupakan salah satu
bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan
pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir.
Berdasarkan perkembangan game yang pesat pada masa
ini, maka tidak dipungkiri bahwa dibutuhkan sesuatu yang berbeda pada rule permainannya.
Hal ini sangat berkaitan dengan kecerdasan buatan (artificiall
intelligence) yang diterapkan pada game. Sebelumnya, sebuah sistem game,
jika sudah dimainkan sampai tuntas oleh seorang , maka ketika player yang sama
memulai lagi permainan dari awal, maka rulepermainannya akan sama. Namun,
untuk saat ini sesuai dengan perkembangan game dan kecerdasan buatan yang
diterapkan, sistem dalam game sudah dapat belajar mengenali pola permainan dari player dan
ketika player tersebut memulai permainan kembali, maka sistem ini
akan menggunakan rule yang berbeda untuk pemain yang sama ini,
sehingga game menjadi lebih menarik dan menantang untuk dimainkan.
Contoh game sederhana yang melakukan pendekatan AI adalah
1.
PacMan
Pemanfaatan AI
dalam game ini digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan
targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu (komputer) yang
menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat
untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika sang Pacman
memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan
langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya. Tindakan seperti itu memang
terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit
dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit
rumit terutama bagi orang awam.
Gambar 1. Game Pacman
2.
Tic Tac Toe
qMerupakan game
yang bertujuan untuk melatih otak dan untuk hiburan semata. Game TicTacToe
lebih dikenal di Indonesia sebagai Game Catur Jawa karena prinsip permainan
game Tic Tac Toe sama dengan Game Catur Jawa. Cara memainkan game tersebut
dengan memberikan Nilai X atau O pada tiap pemain. Pada game TicTacToe terdiri
dari 9 kolom yang berfungsi untuk meletakan nilai tersebut. Yang mana untuk
memenangkan game tersebut pemain harus dapat membentuk nilai X atau O berbentuk
vertikal, horizontal atau diagonal pada kolom tersebut. Letak AI dalam game ini
adalah kesulitan yang diberikan kepada pemain pertama, yaitu kita, dalam arti user untuk
memenangkan game ini oleh komputer yang berperan sebagai pemain kedua, dimana
pemain kedua ini diciptakan sebagai AI.
Gambar 2. Game Tic Tac Toe
Jadi keberadaan AI
dalam teknologi game sangat lah membantu. Yang pertama AI dapat menjadi lawan
bermain yang cukup tangguh. Lalu yang kedua AI dapat melatih otak kita untuk
berpikir keras lagi dalam menyelesaikan game yang kita mainkan. Dengan adanya
AI kita juga tidak perlu repot untuk mencari lawan bermain jika memang kita
sedang tidak ada lawan bermain. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter
Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki
kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya.
Selain itu game-game lain seperti The Sims, dimana pemain (user) dapat
berinteraksi dengan objek lain yang disediakan dalam permainan tersebut.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar